Skip to content

Pulau Pramuka, Kepulauan 1.000

Juni 29, 2010

Jika memiliki budget terbatas, namun butuh vacation untuk menghilangkan kepenatan di kepala, saran saya cobalah ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, sebelah Utara.

Budget yang perlu disiapkan adalah Rp. 550.000/orang/hari. Biaya ini sudah termasuk transportasi pp (Muara Angke – Pulau Pramuka dan Pulau Pramuka – Ancol), Penginapan, Sarapan pagi, Makan malam, sewa kapal antar pulau dan sewa alat snorkling.

Keberangkatan sebaiknya melalui Muara Angke, mengapa? Agar tidak terkena biaya masuk Ancol, yang cukup mahal. Setiba di Muara Angke, langsung menuju pelabuhan dan mencari kapal dengan jurusan Muara Angke – P. Pramuka – P. Panggang.  Bentuk kapalnya seperti gambar di bawah ini, jadi jangan sampai salah naik ya🙂

Kapal "OJEG"

Kapal "OJEG"

Harga per orang untuk kapal Ojeg ini adalah Rp. 30.000 yang dibayarkan nanti setelah kurang lebih 15 menit sebelum merapat ke pelabuhan Pulau Pramuka. Tidak ada pembelian tiket, jadi konsepnya adalah siapa cepat dia dapat. Jadi saya sarankan untuk datang lebih pagi agar bisa mendapatkan posisi duduk yang enak. Mengapa? Karena di kapal ini tidak ada kursi, jadi kita duduk di atas kapal lantai 2 secara selonjoran. Kapal ini juga berangkat tepat waktu, jam 07.00 pagi, jadi kalau bisa datang sejam atau setengah jam sebelum keberangkatan. Kapal ini jalannya on time, tepat jam 07.00 pagi.

Setibanya di Pulau Pramuka, langsung check in ke penginapan,s ebuah villa sederhana yang dukup di rekomendasikan adalah Vila De Lima. Di Villa De Lima ini terdiri dari 5 buah cottage 2 lantai yang semuanya menghadap ke pantai (beach front).

Villa De Lima

Villa De Lima

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pulau Pramuka tidak banyak, bisa berkeliling Pulau yang tidak terlalu besar dan juga mengunjungi penangkaran penyu. Pulau ini cukup padat, dihuni oleh penduduk asli yang mayoritas berpencaharian sebagai nelayan.

Penangkaran penyu

Penangkaran penyu

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan adalah mengenlilingi pulau-pulau lainnya dengan kapal ojeg yang kecil. Sewa kapal ini sudah termasuk di harga total. Sambil melihat pulau-pulau lainnya, bisa juga sambil snorkling. Salah satu tempat snorkling yang cukup bagus adalah di karang sempit (dekat Pulau Semak Daun) dan Sub Coral. Di Sub Coral, lebih banyak terdapat karang yang lunak. Untuk pulau yang dapat dikunjungi antara lain Pulau Semak Daun, Pulau Ayer dan Pulau Kotok Besar.

Pulau Ayer merupakan pulau yang tidak berpenghuni, namun jika singgah di pulau ini kapal akan dikenakan biaya berlabuh sebesar Rp. 10.000.  Bermain di sepajang pantai  ini cukup menarik, selain karena pesona pasir putihnya juga karena ombak yang kecil, jadi aman untuk berenang di pinggir pantai.

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun

Pulau Ayer tidak berpenghuni, uniknya adalah pulau ini dibelah oleh laut dan memiliki pesona yang luar biasa.

Pualu Ayer dari kejauhan

Pualu Ayer dari kejauhan

Pulau Ayer

Pulau Ayer

Pulau Kotok Besar

Pulau Kotok Besar

Selamat berjelajah! Ohya, jangan lupa siapkan dana ya,karena di pulau ini tidak ada atm.

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: